Kamis, 26 Februari 2015

6 Cara Untuk Menjadi Remaja Gaul Ahli Surga

6 Cara Untuk Menjadi Remaja Gaul Ahli Surga

6 Cara Untuk Menjadi Remaja Gaul Ahli Surga
6 Cara Untuk Menjadi Remaja Gaul Ahli Surga


Haii Sobat, kita tentu udah nggak asing lagi nih dengan istilah “gaul”. Yahh, tren yang udah membumi di lingkungan masyarakat, terlebih para ABG. Dari kodel baju,celana ketat, rok mini, tanktop, sampe buku-buku dan majalah nggak ketinggalan ngebahas tren gaul. Tapi apa sobat semua tahu, apa sih sebenarnya arti gaul tersebut?????? Nah sobat ada yang bilang gaul itu punya banyak teman dan punya banyak wawasan. Pokoknya layaknya superstar lah, ia dikenal dimana pun berada.

Katanya gaul itu ngikutin perkembangan zaman alias modern. Dari bacaan modern yang ngebahas perselingkuhan artis, sampai film yang  mengumbar nafsu. Dari celana gambrong sampai celana yang ketat. Dari baju kebesaran yang bolong dimana-mana sampai kaos kekecilan model adek bayi. Dari kebiasaan nongkrong di mall,kafe,jago smsan, jago pencet HP dll.Semuanya diikutin, namanya aja ngikutin tren modern!!!! Waduh nyusahin banget ya kalo gaul kaya gitu. Tapi apa Cuma sebatas itu aja definisi gaul?? Nah sobat, yuk mari tengok gaul yang sebenarnya. Sobat. Dalam islam sendiri l berarti punya prinsip, nggak lucu kan kalo misal ngaku gaul kemana-mana cuma foto copy alias ikut-ikutan. Nah untuk itu kita harus nyari tau prinsip tersebut. Sebagai seorang muslim kita mempunyai cara gaul yakni dekati dan akrabi ilmu agama,khususnya al-qur’an as-sunnah. Pramuka aja punya prinsip “Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan”,masa sih kita sebagai muslim yang merupakan umat terbaik malah nggak punya prinsip tentunya malu donk. Lantas apa prinsip kita sebagai muslim? Ada yang bilang”hidup mulia atau mati syahid”. Bener banget sob! Seratus deh buat kamu. Pribadi muslim yang gaul tercermin dalam 10 sifat. Nah ini kita bahas beberapa pointnya. Simak baik-baik yesss!!!!!!! Jangan lupa diamalkan!

1. Salimul aqidah (aqidah yang bersih)

Sobat salimul aqidah merupakan sesuatu yang harus ada pada setiap muslim. Dengan kebersihan kebersihan dan kemantapan aqidah seorang muslim akan menyerahkan segala perbuatannya kepada Allah ta’alla sebagai mana dalam firman –Nya: “Sesungguhnya sholatku,ibadahku,hidupku,dan matiku semua bagi Allah Tuhan Semesta Alam” (QS. Al An’am:162). Nah sobat kalau emang kalian ngebet banget pengen di sebut gaul bersihkan tuh aqidahmu. Jangan melulu membersihkan wajah berjerawat. Okay sobh?!

2. Sahihhul Ibadah (ibadah yang benar)

Sobat sahihul ibadah merupakan salah satu perintah rosul yang penting dalam  hadis beliau bersabda “sholatlah kamu sebagaimana aku sholat” muslim yang gaul emang muslim yang punya prinsip tapi prinsip kita harus berdasarkan al-qur’an dan sunah. Apalagi berprinsip sama hawa nafsu dan orang yang gak ngerti agama ngga banget deh.. jangan lupa ibadah yang bener ya sob?

3. Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh)

Sobat matinul Khuluq merupakan sifat yang harus ada baik dalam hubungannya kepada Allah maupun dengan makhluk-makhluk –Nya. Dengan akhlak yang mulia manusia akan bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Pinginkan ngerasain bahagia dunia-akhirat? Jelaslah nah karena itu penting memiliki akhlak yang mulia bagi manusia. Maka Rasullulah Saw diutus memperbaiki akhlak dan beliau sendiri telah mencontohkan kepada kita akhlaknya yang agung sehingga diabadikan Allah dalam Al-Qu’an “dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung” (Qs. Al-Qalam :4)

4. Qowiyyul Jismi 

Sobat Qowiyyul Jismi merupakan kekuatan jasmani berarti seorang muslim memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran islam secara optimal. Segala ibadah harus dilaksanakan dengan fisik yang sehat dan kuat. Oleh karena itu kesehatan jasmani harus diperhatikan.Meski sakit itu wajar, namun jangan sampai sakit-sakitan. Karena kekuatan jasmani juga termasuk hal yang penting, maka Rasulullah Saw bersabda “ mukmin yang kuat lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah” (HR. Muslim). Yang berarti di poin ini berarti gaul itu gak mudah sakit-sakitan. Setuju karena itu sobat, olahraga harus dilakukan tapi jangan sampai waktu habis hanya untuk olahraga

5. Mujahadatul Linafsihi (berjuang melawan hawa nafsu)
sobat mujahadatul Linafsihi merupakan salah satu kepribadian pada diri seorang muslim karena setiap manusia memiliki kecenderungan yang baik dan menghindari yang buruk amat menuntut adanya kesungguhan. Kesungguhan itu manakala seseorang berjuang melawan hawa nafsu. Rasulullah bersabda “tidak beriman seorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsu mengikuti apa yang aku bawa (ajaran islam)” (HR. Hakim). Jadi sobat orang yang gaul tidak akan bernafsu memiliki/mengikuti hal ini dan itu. Jika ada seorang yang berpacaran kita sebagi seorang muslim yang gaul harus berprinsip bahwa pacaran adalah haram apalagi dizaman sekarang muncul pacaran islami, pada hal pacaran sebelum nikah adalah perbuatn maksiat, masak perbuatan maksiat dibilang islami.

6. Harishun Ala Waqthi (pandai menjaga waktu)
Sobat Allah memberikan waktu kepada manusia dalam jumlah yang sama yakni 24 jam sehari semalam. Oleh karena itu, sobat muda setiap muslim amat dituntut untuk mengelola waktunya dengan efektif. Jangan sampai waktu kita habis dengan hal yang tidak bermanfaat atau bahkan maksiatan. Allah berfirman “Allah, dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan berubah. Dia menciptakan apa yang dihendaki-Nya dan Dialah yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa”(Qs. Ar-Ruum : 54)

7. Nafi’un Lighoirihi (bermanfaat bagi orang lain)
Sobat bermanfaat bagi orang lain itu sangat penting, manfaat yang dimaksud tentu saja manfaat yang baik. Sehingga orang merasakan keberadaannya dan kehilangan ketika ia tidak ada. Ini berarti setiap muslim itu harus selalu berfikir, mempersiapkan diri dan berupaya semaksimal mungkin untuk bisa bermanfaat dan mengambil peran yang baik dalam masyarakatnya. Rasulullah bersabda “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Qudhy dari Jabir) .


Demikian beberapa poin yang mewakili seorang muslim menjadi gaul khususnya bagi kita seorang pemuda. Jangan sampai kita berkata gaul tapi tetap ikut-ikutan zaman tanpa menyaring mana yang baik dan mana yang buruk. Wallohu a’lam.

About the Author

SIE Media SKI

Author & Editor

Sie Media SKI adalah Salah Satu SIE di extrakulikuler SKI SMAN 1 Kertosono yang bertuga untuk menangani masalah media, seperti menerbitkan artikel dakwah baik cetak maupun online di lingkungan SMAN 1 Kertosono

Posting Komentar

 
SKI SMAN 1 Kertosono © 2015 - Designed by Templateism.com